Tuesday 16 February 2016

JARINGAN KOMPUTER

JARINGAN KOMPUTER


Jaringan komputer adalah kumpulan computer yang berdiri sendiri – sendiri tetapi saling bekerja sama dalam melaksanakan tugasnya.
Manfaat Jaringan Komputer
Secara umum, jaringan mempunyai beberapa manfaat :
  1. Jaringan memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien.
  2. Jaringan membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up-to-date.  
  3. Jaringan membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing).
  4. Jaringan memungkinkan kelompok-kerja berkomunikasi dengan lebih efisien. 
  5. Jaringan membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif. 
Jaringan Komputer berdasarkan jangkauannya dibedakan menjadi 3 macam,yaitu :
1.LAN (Local Area Network)
Local Area Network atau LAN, merupakan suatu Jenis Jaringan Komputer dengan mencakup wilayah lokal. Dengan menggunakan berbagai perangkat jaringan yang cukup sederhana dan populer, seperti menggunakan kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair), Hub, Switch, Router, dan lain sebagainya.Contoh dari jaringan LAN seperti komputer-komputer yang saling terhubung di sekolah, di perusahaan, Warnet, maupun antar rumah tetangga yang masih mencakup wilayah LAN.
2.MAN (Metropolitan Area Network)
Metropolitan Area Network atau MAN, merupakan Jenis Jaringan Komputer yang lebih luas dan lebih canggih dari Jenis Jaringan Komputer LAN. Disebut Metropolitan Area Network karena Jenis Jaringan Komputer MAN ini biasa digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari suatu kota ke kota lainnya. Untuk dapat membuat suatu jaringan MAN, biasanya diperlukan adanya operator telekomunikasi untuk menghubungkan antar jaringan komputer.
Contohnya seperti jaringan Depdiknas antar kota atau wilayah dan juga jaringan mall-mall moderen yang saling berhubungan antar kota.
3.WAN (Wide Area Network)
Wide Area Network atau WAN, merupakan Jenis Jaringan Komputer yang lebih luas dan lebih canggih daripada Jenis Jaringan Komputer LAN dan MAN. Teknologi jaringanWAN biasa digunakan untuk menghubungkan suatu jaringan dengan negara lain atau dari satu benua ke benua yang lainnya.
Contohnya : internet
Jaringan berdasarkan aksesnya dibedakan menjadi 2 macam,yaitu :
1)     Wireline (Dengan Kabel)
Wireline merupakan jaringan dimana alat penghubung untuk membangun jaringan informasi dan komunikasi menggunakan media kabel.
2)    Wireless (Tanpa Kabel)
Wireless merupakan Jenis Jaringan Komputer yang menggunakan media transmisi data tanpa menggunakan kabel. Media yang digunakan seperti gelombang radio, inframerah, bluetooth, dan microwave. Wireless bisa difungsikan kedalam jaringan LAN, MAN, maupun WAN. Wireless ditujukan untuk kebutuhan mobilitas yang tinggi.
PERANGKAT KERAS (HARDWARE) UNTUK AKSES INTERNET
Perangkatkeras (hardware) yang digunakan untuk mengakses internet adalah sebagai berikut :
a. Perangkat penting :
  1. Komputer
  2. Modem
  3. SaluranTelepon
b. Perangkat keras pendukung :
  1. HUB/Switch
  2. Repeater
  3. Bridge
  4. Router
Keterangan Perangkat Penting:
  1. KOMPUTER
  Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengkases internet. Spesifikasi komputer yang digunakan dalam koneksi internet sangat menentukan cepat atau lambat nya kinerja akses internet. Semakin tinggi spesifikasi sebuah komputer, semakin cepat kinerja akses internet, begitu pula sebaliknya.
a. Spesifikasi minimal sebuah komputer :Processor, merupakan otak dari computer untuk menjalankan aplikasi-aplikasi dalam komputer. Processor minimal pentium III 500Mhz.
b. RAM (Random Access Memory) berfungsi sebagai media penyimpanan sementara. RAM minimal 64MB.
c. Harddisk digunakan untuk penyimpanan data magnetik. Harddisk minimal 10GB.
d. VGA card, merupakanperangkatkerasuntukmenampilkangambarpadalayar monitor. VGA card minimal
e. Monitor, merupakan perangkat output untuk menampilkan proses kerja komputer.
2. MODEM
Modem
Modem merupakan alat yang digunakan untuk menghubungkan computer dengan line telepon. Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator berfungsi mengkonfersikan sinyal digital (komputer) menjadi sinyal analog (telepon), Demodulator berfungsi mengkonfersikan sinyal analog (telepon) menjadi sinyal digital (komputer),. Modem berkecepatan minimal 28.800 bps.
Jenis-jenis modem:

  • Modem Internal, yaitu modem yang dipasan di dalam komputer (CPU). Modem ini ditancapkan dalam slot yang telah tersedia. Modem ini sumberdayanya jadi satu dengan CPU. Modem internal lebih murah dibandingkan dengan modem eksternal.
  • Modem ekternal, yaitu modem yang dipasang diluar komputer (CPU) yang mana dihubungkan dengan menggunakan kabel USB.  Modem eksternalsumberdayanyaada yang dari CPU ada yang mempunyai sumberdayasendiri.

No comments:

Post a Comment