Tuesday 16 February 2016

Hasil Hutan Non Kayu

Hasil Hutan Non Kayu
a.      rotan
Rotan juga bisa digunakan untuk melapisi kayu-kayu agar nampak artistik dan mengkilap. Getah rotan yang dikenal sebagai dragon’s blood yang artinya darah naga ini di gunakan untuk melapisi kayu-kayu artistik. Pemanfaat getah menjadi meni ini juga di gunakan untuk melapisi gitar, dan biola.

b.      Pohon Damar
Damar termasuk dalam kelompok tanaman Gymnospermae. Ini adalah salah satu tanaman asli Indonesia. tanaman ini menghasilkan getah khusus yang sering disebut dengan nama damar. Karakter pohon damar memiliki batang pohon dengan ukuran bisa mencapai lebih dari 50 meter. Ukuran diamates pohon damar bisa mencapai lebih dari 1 meter.
Bagian luar kayu akan ditumbuhi oleh berbagai jenis pegagan dengan warna yang lebih tua. Daun pohon damar memiliki karakter bentuk lonjong dan meruncing pada bagian ujung kecil dengan ukuran sekitar 2 sampai 8 cm. pohon ini juga menghasilkan biji dengan ukuran sekitar 7-9 cm untuk diameter.
c.       Kapur barus
Menyembuhkan Masalah Kulit
Sifat anti-inflamasi kapur barus dapat mengobati masalah kulit tertentu seperti jerawat, gatal, dan ruam kulit. Juga membantu menyembuhkan luka bengkak. Kapur barus banyak digunakan untuk membuat salep anti-gatal.


D.      Kemenyan
MANFAAT KEMENYAN
Pengobatan tradisional Cina, kemenyan dipakai untuk mengobati masalah kulit dan pencernaan
Di India, kemenyan digunakan untuk mengobati arthritis
Khasiat kemenyan sebagai obat arthritis mndpt dukungan dari penelitian laboratorium di AS
Hasil sadapan kemenyan diperdagangkan sejak ribuan tahun lalu, bahkan bukti arkelogis menunjukkan dalam makam Tutankhamun raja Mesir kuno yg meninggal pada 1323 SM juga ditemukan kemenyan.

E.   Gambir
Gambir adalah ekstrak air panas dari daun dan ranting tanaman gambir yang disedimentasikan dan kemudian dicetak dan dikeringkan. Hampir 95% produksi dibuat menjadi produk ini, yang dinamakan betel bite atau plan masala. Bentuk cetakan biasanya silinder, menyerupai gula merah. Warnanya coklat kehitaman. Gambir (dalam perdagangan antar negara dikenal sebagai gambier) biasanya dikirim dalam kemasan 50kg. Bentuk lainnya adalah bubuk atau "biskuit". Nama lainnya dalah catechu, gutta gambir, catechu pallidum (pale catechu).
F.  Kopal
Kopal sangat berguna terutama sebagai bahan baku pembuatan varnish dan cat.
Kopal merupakan pelapis kertas supaya tidak rusak terkena tinta.
Kopal juga menjadi bahan baku lem dan plester.
Kopal juga kerap menjadi pelapis pada lukisan cat minyak supaya lebih awet,juga pada kain batik.
Kopal juga menjadi bahan plastik organik di beberapa negara.
Kopal berguna sebagai pelapis kayu korek apai agar tidak cepat habis terbakar.
Pada masa lalu kopal kerap menjadi bahan baku pengawetan, malah ada temuan pemanfaatan kopal sebagai pelapis mumi.
Kopal juga kini sedang dalam pengembangan sebagai bahan kosmetik.
G.  Gondorukem
1.      Industri Batik : bahan penyampur lilin batik sehingga diperoleh malam.kebutuhn kira-kira 2.500 ton/thn
 2.      Industry kertas : bahan pengisi dalam pembuatan kertas.kebutuhan kira-kira 0,5 % dari produksi kertas atau 2.000 ton/thn
3.      Industry sabun : sebagai campuran kira-kira 5-10% dari berat sabun.
 4.      Pembuatan Vernish, tinta,bahan isolasi listrik, korek api, lem, industry kulit dan lalin-lain.
5.      Di luar negeri manfaat lain gondorukem dan derivatnya digunakan untuk membuat resin sintetis, plastic, lem, aspal, bahan pliitur, lak sintetis, industry sepatu, galangan kapal, dll. Untuk minyak terpentin-nya dapat digukana secara langsung dan murni melalui upaya distilasi ulang serta melalui pengolahan lanjutan,misalnya untuk pelarut organic,pelarut resin,bahan semir sepatu,logam dan kayu dan bahan kamfer sintetis dll (Yanti, 2010)

H.  Terpentin
MANFAAT TERPENTIN

Terpentin yang semula hanya dikenal sebagai pelarut cat yang harganya rendah, ternyata dari terpentin ini bila diproses lebih lanjut bisa menghasilkan komponen alpha pinene yang bernilai ekonomis tinggi dan menjadi bahan baku industri parfum, kosmetik, farmasi, kamfer, desinfektan, dll.

I.                   Bambu
Tunas bambu wulung yang masih muda atau baru muncul dengan ketinggian sekitar maksimal 20 cm dari permukaan tanah, dapat dimanfaatkan sebagai sayur. Rebung dapat dimasak dengan cara dibikin tongseng/tumis/oseng-oseng maupun dimasak dengan dicampur air santan kelapa. Oh ya untuk rebung bambu tali rasanya sangat pahit sehingga jarang ada yang mau memanfaatkannya sebagai sayur.

J.  Sutra Alam
Manfaat medis
Ulat sutera yang digunakan untuk pengobatan tradisional China adalah "Bombyx batryticatus" atau "ulat sutera kaku". Ia adalah larva kering 4–5th yang mati akibat penyakit muskadin putih disebabkan oleh jamur Beauveria bassiana, dimanfaatkan untuk mengobati masuk angin, mencairkan dahak dan meringankan kejang-kejang.
Makanan
Ulat sutera dikonsumsi di sejumlah kebudayaan. Di Korea, ulat sutra yang direbus serta dibumbui merupakan makanan ringan yang populer dan dikenal sebagai beondegi. Di China, sejumlah pedagang jalanan menjual ulat sutera yang dipanggang

K.  Minyak kayu putih
Minyak kayu putih memiliki aroma yang khas sehingga dapat digunakan sebagai obat analgesik yang alami. Cobalah untuk berendam dalam air hangat yang telah diberi beberapa tetes minyak kayu putih. Selain dapat mengurangi sakit akibat nyeri sendi, aromanya juga mampu menghilangkan stres dan dapat membuat tubuh dan juga pikiran menjadi rileks.
L.  Madu

Manfaat madu untuk kesehatan setidaknya terdapat lebih dari 10 manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.  Khasiat Madu lainnya yang mungkin sudah diketahui banyak orang yakni sebagai pemanis alami untuk minuman ataupun bahan makanan lainnya. Berbeda dengan manfaat daun sirsak, selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, ternyata madu juga dapat bermanfaat bagi kecantikan kulit wajah dan tubuh.

 Hasil Hutan Kayu

A.    Agthis ( Agathis Alba )

Berbagai spesies Agathis memberikan Resin beragam seperti kauri kopal, manila kopal, dan gumm damar. Kopal tersebut digunakan untuk cat, vernis, spiritus,  plastik, bahan sizing, pelapis tekstil, bahan waterproofing, tinta cetak, dan sebagainya. Kayunya juga bernilai ekonomi tinggi untuk pertukangan, karena memiliki ketahanan dan keawetan yang baik.
B.     Bakau

Hutan bakau yang berada di kawasan rawa atau tanah endapan lumpur di sekitar garis pantai akan melindungi tanah agar tidak tergerus oleh air laut. Proses alami air laut biasanya akan terjadi saat air laut mengalami pasang dan surut. Dengan proses ini maka tanah di sekitar garis pantai bisa terbawa oleh air laut dan menyebabkan daratan menjadi semakin mengecil. Jika hal ini terus terjadi maka garis pantai akan mengalami erosi dan menyebabkan bencana alam untuk manusia.
C.    Kruing ( Dipterocarpus sp)

1. Kayu hasil penebangan Keruing yang sering digunakan untuk Bahan bangunan seperti rumah, pelabuhan.
2. Getah yang dihasilkan oleh pohon keruing bisa digunakan untuk industri cat, kosmetik, kertas dan pewarna dalam industri keramik.



D.    Ulin ( Eusideraxylon zwogent )
Manfaat pohon ulin yaitu :

Daun
Daun muda pohon ulin dapat dijadikan makanan bagi orang utan yang hidup pada hutan-hutan kalimantan, selain itu daunnya banyak mengandung zat fitokimia. Dan tentu saja menghasilkan oksigen
Biji
Biji pohon ulin memiliki khasiat di bidang pengobatan. Biiji yang dihaluskan dapat dimanfatkan untuk mengobati bengkak dan menghitamkan rambut
Buah
Buah pohon ulin juga ternyata berkhasiat untuk menghitamkan rambut serta mencegah tumbuhnya uban.
Batang
Batang pohon ulin adalah yan termahal dari bagian-bagian lainnya, karena karakteristik batangnya yang keras dan tidak dimakan oleh rayap. Batang pohon ulin banyak dimanfaatkan utnuk dijadikan konstruksi bangunan, pembuatan jembatan, kapal, meja, kursi dan kerajinan lainnya. Bahakan fosil kayu ulin dapat dijadikan perhiasan yang laku keras di pasaran
Akar
Akar pohon ulin dapat menahan air hujan, dan menyimpannya didalam tanah, dengan ditahannya air hujan, maka banjir atau tanah longsor pun dapat dicegah.

E.     Jati ( Tectona grandit )

Eksistensi pohon jati sebagai penghasil kayu kualitas nomor wahid sudah tidak diragukan lagi. Pohon jati memang sangat dikenal dengan hasil kayu yang indah, awet, tahan terhadap serangan rayap dan cuaca. Pohon dengan nama ilmiah Tectona grandis sp. ini mampu tumbuh hingga ratusan tahun dengan ukuran yang besar dan tinggi sekitar 40-45 meter.
F.     Ramin ( Gonystylus )
Manfaat
Kayu Ramin banyak digunakan untuk furniture dan dekorasi interior seperti panel dinding, flooring, toys, gagang, sapu, figura serta untuk konstruksi ringan seperti kusen pintu, jendela, meubel, kayu lapis, moulding

G.    Meranti ( Shorea sp )
Manfaat
Berbicara nilai ekonomi, Pohon Meranti menghasilkan kayu keras dengan kualitas tinggi. Kayu meranti dijadikan sebagai bahan dasar untuk membuat kursi-meja ekslusive, peti perhiasan, aneka cenderamata. Karena kualitas yang tinggi, harga jual kayu meranti sangatlah ekonomis. Dan ini menjadi alasan bahwa pohon meranti terus menjadi incaran para penebang kayu, baik yang berstatus legal maupun ilegal.

No comments:

Post a Comment